Cara membuat SKCK berbeda daerah dan tanpa akte kelahiran

Catat! Biaya Pembuatan SKCK untuk CPNS Cuma Rp30 Ribu


jika kalian akan mendaftarkan diri untuk kuliah, bekerja atau ikut CPNS kalian pasti memerlukan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). SKCK ini sudah ada dari dulu loh hanya saja namanya berbeda, SKCK ini mengganti nama SKKB atau Surat KEterangan Kelakuan Baik. Surat SKC ini adalah surat yang memastikan bahwa seseorang tidak pernah ikut terlibat atau tersandung kasus criminal. SKCK ini hanya berlaku 6 bulan saja dari pertama surat ini dibuat, tetapi jika masa berlakunya habis kalian tidak perlu membuat SKCK dari awal lagi kalian hanya perlu memperpanjang SKCKnya saja. sebelum kalian datang ke polsek atau polres sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat dan dokumen yang harus kalian lengkapi, ini adalah syarat membuat SKCK

  1. Membuat surat pengantar dari RT yang ditujukan ke kelurahan kemudian dank e kelurahan akan diberikan surat pengantar untuk membuat SKCK
  2. Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) atau surat izin mengemudi (SIM)
  3. Fotokopi akte kelahiran
  4. Fotokopi kartu keluarga
  5. Pas foto dengan background berwarna merah, ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar

Itu adalah syarat2 yang harus kalian bawa kemudian kalian bisa mendatangi kantor polisi, selanjutnya kalian akan disuruh mengisi daftar riwayat hidup setelah diisi kalian bisa melampirkannya, dan kalian akan disuruh untuk melakukan pengambilan sidik jari.

kalian juga pasti bertanya-tanya bagaimana cara membuat skck jika kalian sedang kuliah atau bekerja di luar kota tempat tingga kalian. Sebenarnya kalian bisa membuat SKCK di berbeda daerah hanya saja syaratnya sedikit berbeda, ini caranya:

  • Menggunakan surat domisili

Kalian bisa meminta surat domisili untuk membuktikan bahwa kalian memang sedang berada di tempat yang berbeda dengan KTP. Untuk mendapatkan surat ini kita bisa meminta terlebih dahulu ke ketua RT dan biasanya langsung berlanjut ke ketua RW selanjutnya ke kelurahan. Setelah mendapatkan surat domisili ini maka kalian bisa langsung membuat SKCK dengan melengkapi dokumen-dokumen yang lainnya. cara ini jika kalian tidak bisa meminta tolong pada orang di tempat tinggal kalian yang sesuai dengan KTP.

  • Jika kalian bisa meminta tolong pada seseorang untuk melakukan proses pembuatan SKCK di tempat asal kalian, kalian bisa membuat SKCK berbeda daerah dengan cara perekaman sidik jari di kantor polisi. Pertama kalian bisa melakukan perekaman sidik jari di kantor polisi dan juga membawa dokumen-dokumen yang sudah lengkap. Kemudian sampaikan kepada petugas, setelah melakukan perekaman sidik jari kalian juga harus membayar sejumlah biaya yaitu kurang lebih Rp.20.000. kemudian selanjutnya kirimkan hasil rekam sidik jari kepada orang yang bisa membantu di tempat tinggal asal kalian, selanjutnya pembuatan SKCK akan diproses normal.

Selain masalah itu terkadang saat kita sedang merantau kita tidak membawa surat-surat seperti akte kelahiran, kalian juga tidak perlu bingung jika tidak ada akte kelahiran karena kita tetap bisa membuat SKCK. Pertama kalian tetap harus meminta surat keterangan belum memiliki akte kelahiran atau tidak membawanya. pada RT, RW dan kemudian bisa meminta ke kelurahan surat pengantarnya. Kemudian kita bisa membawa surat ini ke kantor pelayanan terpadu yang sesuai dengan tempat kita tinggal sesuai KTP. Kemudian kita akan disuruh untuk mengisi surat pernyataan bahwa kalian belum memiliki akte kelahiran, kemudian ditandatangani diatas materai 6000. Selanjutnya jika surat keterangan ini sudah jadi, kalian bisa langsung membuat SKCK seperti pada umumnya.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *