Berikut Ini Ciri – Ciri Keputihan Yang Tidak Normal Yang Harus Anda Ketahui

5 Gejala Keputihan Tidak Normal yang Perlu Diwaspadai

Keputihan merupakan hal alami yang bisa terjadi pada seorang wanita. Ketika anda mengalami keputihan bisa jadi itu merupakan masa subur anda atau sebagai cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembaban organ kewanitaan. Jadi jangan khawatir kalau anda mengalami keputihan.

Namun jika keputihan terus-menerus dan menyebabkan vagina gatal-gatal dan bau memang tidak akan membuat nyaman. Hal ini bisa menyebabkan rasa percaya diri Anda berkurang karena terus merasa nggak nyaman dan takut orang tahu bahwa Anda bau. Perlu diketahui bahwa keputihan ada 2 jenis, keputihan yang normal dan tidak normal.

Nah jika ternyata keputihan anda beraroma tidak sedap, bisa jadi itu tanda bahwa keputihan Anda tidak normal. Tentu saja Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini. Maka dari itu, kenali ciri-ciri berikut ketika keputihan yang Anda alami sudah tidak normal.

Ciri – Ciri Keputihan Tidak Normal

Keputihan yang tidak normal ini bisa terjadi akibat kondisi dan penyakit tertentu, seperti infeksi bakteri, jamur, atau parasit lainnya. Adapun ciri-ciri keputihan yang tidak normal seperti yang dilansir oleh portal berita adalah sebagai berikut :

  • Beraroma Tidak Sedap

Ciri – ciri keputihan tidak normal yang pertama adalah beraroma tidak sedap. Perlu diketahui bahwa biasanya keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihan Anda berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di vagina Anda.

  • Berwarna

Ciri-ciri keputihan tidak normal selanjutnya adalah berwarna. Ketika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Jika berwarna putih susu masih tidak apa-apa. Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

Salah satu jenis keputihan yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah keputihan berwarna hijau. Jika anda mengalami kondisi seperti ini, maka anda harus waspada, karena bisa jadi anda sedang mengalami infeksi trikomoniasis. 

Trikomoniasis ini merupakan jenis infeksi yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Yang mana, parasit ini menyerang area vagina. Infeksi ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman, sehingga membuatnya termasuk ke dalam salah satu Penyakit Menular Seksual (PMS).

Trikomoniasis ini biasanya disertai dengan gejala lainnya, seperti keputihan yang berbuih, berbau tidak sedap bahkan seperti busuk, gatal hebat, dan terasa nyeri saat buang air kecil atau berhubungan intim.  

Selain itu, trikomoniasis ini juga bisa menyebabkan berbagai komplikasi cukup serius pada wanita yang sedang hamil, seperti bayi lahir prematur, berat badan bayi lahir rendah (BBLR) dan penularan infeksi ke bayi. 

  • Menimbulkan gatal

Ciri-ciri keputihan tidak normal lainnya adalah dapat menimbulkan gatal. Apabila area vagina anda gatal dan ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri vagina dalam masalah.

  • Nyeri ketika kencing

Ciri-ciri keputihan tidak normal yang terakhir adalah terasa meyeri saat kencing. Nyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika Anda sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemih Anda. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang ciri-ciri keputihan yang tidak normal. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda tentang keputihan yang tidak normal sehingga bisa mencegah keputihan yang tidak normal terjadi pada diri anda.

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *