Berolahraga Saat Hamil


Kesehatan, merupakan hal penting yang perlu diperhatikan betul oleh setiap wanita yang tengah mengandung. Sebab, tubuh ibu hamil yang sehat akan membantu menjaga tumbuh kembang sang janin di dalam kandungannya. Ketika tubuh sang ibu sakit, maka sang janin juga akan merasakannya sehingga berdampak pada kesehatan tubuhnya saat telah terlahir nanti.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, ada berbagai cara yang bisa dilakukan mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin minum DHA dan kecerdasan folamil gold sampai berolahraga. Tapi olahraga yang dijalani ibu hamil tentu tidak boleh sembarangan karena berpengaruh terhadap kesehatan sang janin. Lantas, Gerakan olahraga seperti apakah yang dianjurkan untuk ibu hamil? Berikut ini beberapa diantaranya.

Senam merangkak

Gerakan senam yoga merangkak bisa menjadi cara yang efektif untuk ibu hamil agar lebih bugar sebelum waktu persalinan tiba. Gerakan merangkak terbukti dapat membantu mempersiapkan otot tubuh bagian bawah dan mendukung proses persalinan agar bisa berjalan secara lancar dan normal.

Untuk melakukan Gerakan senam, caranya cukup mudah. Anda bisa memulainya dengan mengambil posisi seperti merangkak dengan posisi panggul dan lutut membentuk sudut siku-siku. Setelah itu, arahkan pandangan kedepan dengan kepala dan pungung yang terangkat. Setelah itu, Tarik nafas secara perlahan sambil melengkungkan punggung ke arah dalam. Kemudian, luruskan kembali punggung ke posisi awal dan Tarik nafas secara perlahan. Ulangi proses ini dan dapatkan otot yang lebih siap saat proses persalinan tiba.

Mini sit up

Gerakan sit up merupakan Gerakan yang baik untuk membentuk perut agar proporsional. Tapi, bagi ibu hamil sebetulnya Gerakan ini bukanlah yang dianjurkan karena tergolong berbahaya. Meskipun demikian, Anda tetap bisa melakukan gerakan mini sit up sebagai pengganti sit up agar gerakannya lebih nyaman dan tidak terlalu menekan perut Anda.

Gerakan mini sit up bisa dilakukan dengan berbaring terlebih dahulu dan letakkan bantal dibawah panggul. Setelah itu, tekuk lutut dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai, tujuannya agar perut tidak terlalu tertekan. Kemudian, hembuskan nafas sambil mengangkat kepala dan bahu secara perlahan serta cobalah raih lutut dengan menggunakan tangan Anda. Kembalilah ke posisi awal secara perlahan sambil menarik nafas dan ulangi Gerakan ini selama beberapa kali.

Itulah dua Gerakan olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Disamping menjaga kesehatan tubuh, ibu hamil juga perlu rutin membaca info kesehatan agar literasi kesehatannya bisa semakin baik. Untuk itu, pastikan sumber info kesehatannya terpercaya seperti dari Guesehat di link berikut www.guesehat.com/cara-mengobati-luka-pada-pasien-diabetes

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *