Cara Pengoperasian Oven Gas Yang Tepat

main image

source gambar : blibli.com

Oven gas memiliki berbagai macam bentuk, ada yang menyatu dengan kompor dan ada jga yang berdiri sendiri. Oven gas pada umumnya memiliki pembakar utama di bagian bawah, dimana bagian ini memberikan panas radiasi sangat kuat. Memang ada juga yang memiliki pembakar skunder di atas, namun biasanya bagian ini digunakan untuk memanggang. Untuk itu kamu perlu tahu bagaimana cara menggunakan oven gas yang tepat agar mendapatkan hasil ynag maksimal.

Cara Pengoperasian Oven Gas yang Benar

  • Memutar kaki oven agar makanannya matang merata

Sebenarnya tipe seperti oven gas merupakan satu piliha alat yang sangat efisien, karena cenderung lebih cepat panas disbanding dengan oven jenis lainnya. Sebagian besar oven gas biasanya memiliki hotspot, terutama jika ovennya sudah berusia cukup lama. Perangkat masak satu ini memang cenderung tidak memancarkan radiasi panas secara merata, melainkan panasnya hanya focus pada beberapa titik saja. Karenanya ketika memasak dengan menggunakan oven gas ini, kamu harus memutar baki dalam oven satu sampai dua kali, agar hasil panggangannya matang merata.

  • Menaikkan suhu oven agar hasil masakan lebih renyah

Oven gas pada dasarnya mengandung kelembaban udara yang cukup tinggi. Karenanya kamu akan mengalami kesulita dalam memperoleh hasil makanan yang crispy. Namun jangan khawatir, hal ini dapat diatasi dengan cukup menaikkan suhu oven sampaiĀ  180 derajat celcius.

  • Tidak menggunakan Loyang bakeware

Oven gas biasanya mengandung panas yang sangat tinggi ketika dioperasikan. Hal ini dapat membuat waktu pemanggangan lebih cepat, meski makanan akan lebih cepat gosong bila tidak menggunakan jenis Loyang yang tepat.

  • Gunakan loyang tambahan untuk mematangkan masakan secara sempurna

Jika kamu menginginkan hasil kue yang memiliki warna kecoklatan di bagian atsnya, atau lelehan keju yang sempurna, kamu dapat meletakkan baki yang tidak terpakai tepat di atas adonan masakan. Bagian bawah baki kemudian akan berperan sebagai peghantar panas dari oven, sehingga bagian atas adonan atau masakan akan matang secara sempurna.

  • Jangan gunakan Loyang atau pan logam berwarna gelap

Warna gelap akan menyerap panas yang lebih besar disbanding yang lainnya, sehingga kematangan di bagian bawah lebih cepat di bagian atas, artinya masakan tidak akan matang merata.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.