Habbatussauda Membantu Melawan Berbagai Penyakit Berbahaya

main image

Berbagai penelitian dilaksanakan guna membuktikan kegunaan pengobatan yang terdapat dalam habbatussauda. Di antaranya guna membantu pengobatan diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, bahkan kanker. Dengan manfaatnya yang banyak tersebut, jintan hitam dikenal sebagai obat herbal yang mampu mengobati berbagai penyakit. Namun, bagaimanakah khasiat habbatussauda tersebut jika dipandang dari segi medis?

  • Mengatasi Darah Tinggi (Hipertensi)

Dalam studi skala kecil, habbatussauda terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Pada studi tersebut, tampak adanya penurunan tekanan darah pada subjek yang diamati. Setelah mengkonsumsi ekstrak jintan hitam selama 8 minggu. Namun, efektivitas serta keamanan dari obat herbal ini secara klinis masih belum diketahui.

  • Mengobati Kadar Kolesterol yang Tinggi

Kolesterol memang diperlukan bagi tubuh. Namun apabila berlebihan, mampu meningkatkan risiko terjangkit berbagai penyakit. Misalnya stroke serta penyakit jantung. Beberapa studi mengemukakan bahwa jintan hitam mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida. Jintan hitam juga terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

  • Memelihara Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Gula darah yang tinggi adalah salah satu tanda dari penyakit diabetes. Gejalanya dapat berupa sering haus, gampang lelah, bahkan kesulitan berkonsentrasi. Diabetes yang tak diobati bahkan mampu mengakibatkan kerusakan saraf. Gangguan penglihatan. Bahkan terhambatnya penyembuhan dari luka.

Berdasarkan sebuah sudi, mengkonsumsi jintan hitam selama beberapa minggu tampak mampu mengurangi kadar gula darah serta resistensi insulin. Efek jintan hitam ini diduga baik bagi penyakit diabetes. Namun, data klinis yang diperoleh sejauh ini belum bisa memastikan hal tersebut.

  • Memiliki Efek Anti Inflamasi

Salah satu efek mengkonsumsi habbatussauda yang dipercaya baik untuk kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi inflamasi. Penelitian klinis skala kecil yang dilakukan 3 bulan terhadap penderita asma. Hasil menunjukkan jika jintan hitam mampu mengurangi keparahan sekaligus frekuensi serangan asma.

Studi lain pun menunjukkan jika obat herbal ini dapat membantu mengatasi penyakit lain yang disebabkan peradangan. Misalnya sinusitis, alergi, bahkan radang sendi.

  • Melawan Infeksi

Jintan hitam ternyata memiliki sifat antibakteri serta antivirus. Hal ini telah dibuktikan pada suatu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan jika obat herbal ini dapat membasmi virus. Khususnya yang menjadi penyebab hepatitis C, HIV, serta flu. Jintan hitam pun tampak dapat menghambat pertumbuhan bakteri serta jamur. Oleh sebab itu, jintan hitam dianggap dapat melawan infeksi.

  • Melindungi Hati

Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan pun menunjukkan jika jintan hitam mampu mencegah kerusakan pada organ hati. Manfaat ini terkait dengan kandungan antioksidan yang ada dalam jintan hitam. Kandungan tersebut memiliki fungsi anti peradangan.

  • Mencegah Kanker

Thymoquinone merupakan salah satu jenis senyawa aktif. Senyawa ini terkandung di dalam biji jintan hitam. Senyawa ini diyakini mempunyai efek antikanker. Pada beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan, thymoquinone mampu mengurangi ukuran tumor yang ganas. Selain itu, uji laboratorium membuktikan bahwa thymoquinone secara efektif mampu menghambat pertumbuhan dari sel kanker.

Selain beberapa manfaat di atas, jintan hitam pun diyakini mampu dimanfaatkan sebagai makanan pelancar ASI atau ASI booster. Jintan hitam pun cukup sering ditemukan dalam wujud suplemen booster ASI. Bersama dengan fenugreek serta alfalfa. Sayangnya, berbagai studi penelitian yang dilakukan terkait manfaat habbatussauda untuk mengobati penyakit sejauh ini masih terbatas.

Tepatnya pada studi yang berskala kecil. Artinya, masih diperlukan lebih banyak penelitian yang dilakukan secara klinis pada manusia. Tujuannya untuk membuktikan kemanjuran dari jintan hitam sebagai obat.

 

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *